BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Saturday, October 9, 2010

Perkembangan Bayi Dalam Rahim Dari Minggu Ke Minggu - Part I

Minggu ke-1 :

Minggu ini sebenarnya masih dalam menstruasi, bahkan pembuahan pun belum terjadi. Ini kerana tanggal perkiraan kelahiran bayil dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir Anda.

Proses percantuman antara sperma dan telur yang memberikan informasi kepada tubuh bahawa kehamilan terjadi. Ketika ini janin sudah memiliki genetik, sebuah kombinasi unik merupakan 46 jenis kromosom manusia. Selama masa ini, yang ape yang penting untuk janin adalah nutrisi (melalui ibu) dan oksigen.


Sel2 telur yang berada didalam rahim, berbentuk seperti lingkaran sinar yg mengelilingi matahari.Sel ini akan bertemu dengan sel2 sperma dan bermulalah proses pembuahan.

5 juta sel sperma sekaligus berenang menuju tujuan akhir mereka iaitu menuju sel telur yang bersembunyi pada saluran sel telur. Walaupun pasukan sel sperma ini sangat banyak, tetapi pada akhirnya hanya 1 sel saja yang bisa menembusi dinding telur.



Pada saat ini kepala sel sperma telah hampir masuk. Kita dapat melihat bahagian tengah dan belakang sel sperma yang tidak berhenti-henti berusaha untuk menembusi dinding telur.



Minggu ke-2 :

Percantuman terjadi pada akhir minggu kedua. Sel telur yang telah bercantumi membelah dua setelah 30 jam percantuman. Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula.
Sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira dua kali sehari sehingga pada hari yang ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut pada endometrium.


Minggu 3:

Sampai usia kehamilan 3 minggu, Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut blastosit. Ukurannya sangat kecil, berdiameter 0,1-0,2 mm.
Minggu ke-4 :

Kini, bayi berbentuk embrio. Embrio memproduksi hormon kehamilan (Chorionic Gonadotropin - HCG), sehingga apabila Anda melakukan test kehamilan, hasilnya positif.

Janin mulai membentuk struktur manusia. Saat ini telah terjadi pembentukan otak dan tulang belakang serta jantung dan aorta (urat besar yang membawa darah ke jantung).

Minggu ke-5 :

Terbentuk 3 lapisan iaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas yang akan membentuk sistem saraf pada janin tersebut. Seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Lapisan Mesoderm berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif. Lapisan Endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing.


Minggu ke-6 :

Ukuran embrio rata-rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga punggung. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah menutup. Meski pun Anda belum dapat mendengar, tetapi jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai dibentuk, tangan & kaki juga akan mula bertunas.


0 comments: